KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Kelas : VI (ENAM)
Bidang Studi : PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI
Kurikulum : K13
No Soal |
Komptensi Dasar /
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Bentuk Soal |
Level |
Indikator Soal |
1 |
3.1
Memahami makna Q.S al-Kafirun dengan benar |
Indahnya
Saling Menghormati |
PG |
1 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan arti al-Kafirun dengan bena |
2 |
3.1
Memahami makna Q.S al-Kafirun dengan benar |
Indahnya
Saling Menghormati |
PG |
2 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan urutan Surat
al-Kafirun dalam mushaf al-Quran |
3 |
3.1
Memahami makna Q.S al-Kafirun dengan benar |
Indahnya
Saling Menghormati |
PG |
3 |
Disajikan soal, siswa mampu menentukan urutan ayat pada
surat al-Kafirun dengan benar |
4 |
3.1
Memahami makna Q.S al-Kafirun dengan benar |
Indahnya
Saling Menghormati |
PG |
3 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan hukun tajwid pada surat
al-Kafirun dengan benar |
5 |
3.1
Memahami makna Q.S al-Kafirun dengan benar |
Indahnya
Saling Menghormati |
PG |
2 |
Disajikan soal, siswa mampu menelaah kandungan pada surat al-Kafirun
dengan benar |
6 |
3.3
Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku
akhlak mulia |
Ketika
Bumi Berhenti Berputar |
PG |
2 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan surat dalam al Qur’an
yang menceritakan tentang hari kiamat dengan benar |
7 |
3.3
Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku
akhlak mulia |
Ketika Bumi Berhenti Berputar |
PG |
2 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan tugas malaikat ketika
terjadinya hari kiamat |
8 |
3.3
Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku
akhlak mulia |
Ketika Bumi Berhenti Berputar |
PG |
2 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan urutan perjalanan
manusia sesudah hari kiamat dengan benar |
9 |
3.3
Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku
akhlak mulia |
Ketika Bumi Berhenti Berputar |
PG |
2 |
Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan pengertian dari
nama-nama lain hari kiama |
10 |
3.2
Memahami Makna Asmaul Husna: As Samad, Al Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al Baqi |
Indahnya Nama-Nama Allah Swt |
PG |
1 |
Disajikan soal, siswa mampu mengidentifikasi penjelasan al
Muqaddim dengan benar |
11 |
3.2
Memahami Makna Asmaul Husna: As Samad, Al Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al Baqi |
Indahnya Nama-Nama Allah Swt |
PG |
1 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan arti Asmaul Husna
as-Samad, Al Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al Baqi dengan benar |
12 |
3.2
Memahami Makna Asmaul Husna: As Samad, Al Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al Baqi |
Indahnya Nama-Nama Allah Swt |
PG |
2 |
Disajikan soal, siswa mampu mengidentifikasi penjelasan al
Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al Baqi dengan benar |
13 |
3.2
Memahami Makna Asmaul Husna: As Samad, Al Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al Baqi |
Indahnya Nama-Nama Allah Swt |
PG |
1 |
Disajikan soal, siswa mampu mengidentifikasi penjelasan al
Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al Baqi dengan benar. |
14 |
3.7
Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun
islam |
Zakat |
PG |
|
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan jenis-jenis harta yang
wajib dizakati |
15 |
3.7
Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun
islam |
Zakat |
PG |
|
Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan batas akhir pembayaran
zakat fitrah |
16 |
3.7
Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun
islam |
Zakat |
PG |
|
Disajikan soal, siswa mampu menentukan jumlah zakat fitrah yang
harus dibayar dalam sebuah keluarga |
17 |
3.7
Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun
islam |
Zakat |
PG |
|
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan golongan yang berhak
menerima zakat dengan benar |
18 |
3.12
Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw |
Keteladanan Nabi Muhammad Saw |
PG |
|
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan gelar yang dimiliki
rasulullah dengan benar |
19 |
3.12
Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw |
Keteladanan Nabi Muhammad Saw |
PG |
|
Disajikan soal, siswa mampu mengidentifikasi kebiasaan
masyarakat pada zaman jahiliyah dengan benar |
20 |
3.12
Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw |
Keteladanan Nabi Muhammad Saw |
PG |
2 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan perjalanan nabi pada
usia anak-anak |
21 |
3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw |
Keteladanan Nabi Muhammad Saw |
PG |
1 |
Disajikan soal, siswa mampu menentukan tujuan dakwah nabi dengan
benar |
22 |
3.13
Memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw |
Keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw |
PG |
1 |
Disajikan
soal, siswa mampu mengidentifikasi nama-nama sahabat nabi dengan benar |
23 |
3.13
Memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan
jasa-jasa khalifah Abu Bakar Shidiq dengan benar |
PG |
2 |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan jasa-jasa khalifah Abu Bakar Shidiq dengan
benar |
24 |
3.13
Memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw |
Keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw |
PG |
3 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan jasa-jasa khalifah Umar bin
khatab dengan benar |
25 |
3.13
Memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw |
Keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw |
PG |
3 |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan kehidupan khalifa Ali bin Abi Thalib dengan
benar |
26 |
3.1
Memahami makna Q.S al-Kafirun dengan benar |
Indahnya Saling Menghormati |
IS |
|
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan golongan surat al Kafirun dengan tepat |
27 |
3.1
Memahami makna Q.S al-Kafirun dengan benar |
Indahnya Saling Menghormati |
IS |
|
Disajikan soal, siswa mampu melanjutkan potongan ayat dalam
surat Al kafirun dengan benar
|
28 |
3.3
Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku
akhlak mulia |
Ketika
Bumi Berhenti Berputar |
IS |
|
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan arti dari nama
lain hari kiamat dengan benar |
29 |
3.3
Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku
akhlak mulia |
Ketika Bumi Berhenti Berputar |
IS |
|
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan nama jembatan yang berada di neraka dengan
benar |
30 |
3.2
Memahami Makna Asmaul Husna: As Samad, Al Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al Baqi |
Indahnya Nama-Nama Allah Swt |
IS |
2 |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan arti Asmaul Husna as-Samad, Al Muqtadir, Al
Muqaddim, dan Al Baqi dengan benar |
31 |
3.2
Memahami Makna Asmaul Husna: As Samad, Al Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al Baqi |
Indahnya Nama-Nama Allah Swt |
IS |
2 |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan perilaku yang mencerminkan penerapan Asmaul
Husna dengan benar |
32 |
3.7 Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai
implementasi dari rukun islam |
Zakat |
IS |
1 |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan tujuan utama bayar zakat dengan benar |
33 |
3.7 Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai
implementasi dari rukun islam |
Zakat |
IS |
|
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan pengertian mustahiq dan muzakki dengan benar |
34 |
3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw |
Keteladanan Nabi Muhammad Saw |
IS |
2 |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan nama-nama anggota keluarga nabi dengan benar |
35 |
3.13
Memahami kisah ketelaanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw |
Keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Saw |
IS |
3 |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan gelar yang diterima oleh khulafaurrasyidin |
36 |
3.1
Memahami makna Q.S al-Kafirun dengan benar |
Indahnya Saling Menghormati |
UR |
2 |
Disajikan
soal, siswa mampu menjelasakan kandungan utama surat al Kafirun dengan benar |
37 |
3.3
Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku
akhlak mulia |
Ketika Bumi Berhenti Berputar |
UR |
2 |
Disajikan
soal, siswa mampu menyebutkan perbedaan kiamat kubro dan kiamat sughro dengan
benar |
38 |
3.2
Memahami Makna Asmaul Husna: As Samad, Al Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al Baqi |
Indahnya Nama-Nama Allah Swt |
UR |
2 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan contoh
perilaku yang mencerminkan sifat Asmaul Husna As Samad, Al Muqtadir, Al
Muqaddim dan al Baqi dengan benar |
39 |
3.7
Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun
islam |
Zakat |
UR |
2 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan
ketentuan zakat dengan benar |
40 |
3.7
Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun
islam |
Zakat |
UR |
2 |
Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan
ketentuan zakat dengan benar |
Komentar
Posting Komentar