KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Kelas : VI (ENAM)
Bidang Studi : TEMA 3
Kurikulum : K13
No Soal |
Komptensi Dasar /
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Bentuk Soal |
Level |
Indikator Soal |
Bahasa Indonesia |
|||||
1 |
3.2
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca |
Menemukan
informasi pada bacaan |
PG |
1 |
Menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang
penemu yang mengubah dunia |
2 |
3.2
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca |
Membaca
Teks eksplanasi Ilmiah |
PG |
1 |
Menyebutkan ciri-ciri teks
ekplanasi |
3 |
3.2
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca |
Membaca
Teks eksplanasi Ilmiah |
PG |
1 |
Mengidentifikasi struktur dalam teks ekplanasi
ilmiah |
4 |
3.2
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca |
Penemuan
dan manfaatnya bagi dunia |
PG |
1 |
Menyebutkan manfaat penemuan radio zaman dahulu |
5 |
3.2
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca |
Penemuan
dan manfaatnya bagi dunia |
PG |
2 |
Menemukan salah satu nama penemu lampu lalu linta |
PPKn |
|||||
6 |
3.2
Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga
negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
Bentuk
hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari |
PG |
1 |
Menyebutkan salah satu contoh hak dalam kehidupan sehari-hari
dirumah |
7 |
3.2
Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga
negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
Bentuk hak dan kewajiban dalam kehidupan
sehari-hari |
PG |
1 |
Menyebutkan salah satu contoh hak dalam kehidupan sehari-hari
disekolah |
8 |
3.2
Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga
negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
Bentuk hak dan kewajiban dalam kehidupan
sehari-hari |
PG |
1 |
Menyebutkan salah satu contoh hak dalam kehidupan sehari-hari
dimasyarakat |
9 |
3.2
Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga
negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
Bentuk hak dan kewajiban dalam kehidupan
sehari-hari |
PG |
1 |
Menjelaskan pengertian dari hak dalam kehidupan sehari-hari |
10 |
3.2
Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga
negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
Bentuk hak dan kewajiban dalam kehidupan
sehari-hari |
PG |
1 |
Menjelaskan pengertian dari kewajiban dalam kehidupan
sehari-hari |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
11 |
3.4
Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian
listrik sederhana (IPA) |
Mengidentifikasi komponen listrik |
PG |
1 |
Menyebutkan jenis rangkaian listrik dalam
rangkaian listrik sederhana |
12 |
3.4
Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian
listrik sederhana (IPA) |
Mengidentifikasi komponen listrik |
PG |
1 |
Menyebutkan jenis rangkaian listrik dalam
rangkaian listrik sederhana |
13 |
3.4
Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian
listrik sederhana (IPA) |
Mengidentifikasi komponen listrik |
PG |
1 |
Menyebutkan
jenis rangkaian listrik dalam rangkaian listrik sederhana |
14 |
3.4
Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian
listrik sederhana (IPA) |
Mengidentifikasi komponen listrik |
PG |
1 |
Menyebutkan
jenis rangkaian listrik dalam rangkaian listrik sederhana |
15 |
3.4
Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian
listrik sederhana (IPA) |
Mengidentifikasi komponen listrik sederhana |
PG |
3 |
Menyebutkan
jenis rangkaian listrik dalam rangkaian listrik sederhana |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
16 |
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka
modernisasi bangsa Indonesia |
perubahan sosial budaya masyarakat dengan
ditemukannya listrik |
PG |
2 |
Menganalisis perubahan sosial budaya dengan ditemukannya roda
dalam kehidupan sehari-hari. |
17 |
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka
modernisasi bangsa Indonesia |
perubahan sosial budaya
masyarakat dengan ditemukannya listrik |
PG |
2 |
Menganalisis perubahan sosial budaya dengan ditemukannya
listrik bagi pelaku industri dalam kehidupan sehari-hari. |
18 |
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka
modernisasi bangsa Indonesia |
perubahan sosial budaya
masyarakat dengan ditemukannya listrik |
PG |
2 |
Menganalisis dampak negatif dari televisi terhadap perubahan
sosial budaya dengan ditemukannya listrik dalam kehidupan sehari-hari |
19 |
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka
modernisasi bangsa Indonesia |
perubahan sosial budaya
masyarakat dengan ditemukannya listrik |
PG |
1 |
Mengidentifikasi peran BJ Habibie dengan ditemukannya alat
transportasi modern dalam kehidupan sehari-hari. |
20 |
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka
modernisasi bangsa Indonesia |
perubahan sosial budaya masyarakat
dengan ditemukannya listrik |
PG |
2 |
Menganalisis perubahan sosial budaya dengan ditemukannya alat
transportasi modern bagi pelaku industri dalam kehidupan sehari-hari. |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
21 |
3.2 Memahami interval nada |
Menyanyikan lagu daerah dengan interval nada
yang tepat |
PG |
1 |
Menjelaskan
interval tangga nada mayor yang tepat |
22 |
3.2 Memahami interval nada |
Menyanyikan lagu daerah dengan interval nada
yang tepat |
PG |
1 |
Mengidentifikasi
fungsi simbol pada teks lagu daerah dengan interval nada yang tepat |
23 |
3.2 Memahami interval nada |
Menyanyikan lagu daerah dengan interval nada
yang tepat |
PG |
1 |
Mengidentifikasi
alat musik tradisional pada lagu daerah “Ampar-ampar pisang“ dengan interval
nada yang tepat |
24 |
3.2 Memahami interval nada |
Menyanyikan lagu daerah dengan interval nada
yang tepat |
PG |
1 |
Mengidentifikasi tempo yang digunakan lagu daerah “Ampar-ampar pisang“
dengan interval nada yang tepat. |
25 |
3.2 Memahami interval nada |
Menyanyikan lagu daerah dengan interval nada
yang tepat |
PG |
1 |
Menjelaskan
pengertian dari melodi |
PPKn |
|||||
26 |
3.2
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca |
Menemukan informasi pada bacaan |
IS |
1 |
Menjelaskan
pengertian kosa kata baku |
27 |
3.2
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca |
Menemukan informasi pada bacaan |
IS |
1 |
Menyebutkan
informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang cara menggunakan
alat –alat rumah tangga |
Bahasa Indonesia |
|||||
28 |
3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab
sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
Bentuk hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari |
IS |
1 |
Mengidentifikasi akibat lalai dari kewajiban
dalam hidup bermasyarakat |
29 |
3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab
sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
Bentuk hak dan kewajiban dalam kehidupan
sehari-hari |
IS |
1 |
Mengidentifikasi sebab akibat merusak
fasilitas umum |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
30 |
3.4
Mengidentifikasi komponen komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian
listrik sederhana |
Peralatan rumah tangga yang memanfaatkan
energi listrik |
IS |
1 |
Menyebutkan
perubahan energi listrik pada rice cooker |
31 |
3.4
Mengidentifikasi komponen komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian
listrik sederhana |
Peralatan rumah tangga yang memanfaatkan
energi listrik |
IS |
1 |
Menyebutkan perubahan energi listrik pada
lampu senter |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
32 |
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka
modernisasi bangsa Indonesia |
perubahan sosial budaya masyarakat dengan
ditemukannya listrik |
IS |
2 |
Menganalisis perubahan sosial budaya manfaat
ditemukannya listrik bagi dalam kehidupan sehari-hari. |
33 |
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka
modernisasi bangsa Indonesia |
Perubahan sosial budaya masyarakat dengan
ditemukannya listrik |
IS |
2 |
Menganalisis perubahan sosial budaya
manfaat |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
34 |
3.2
Memahami interval nada |
Menyanyikan lagu daerah dengan interval nada
yang tepat |
IS |
1 |
Mengidentifikasi
lagu daerah “rasa sayange” dengan interval nada yang tepat. |
35 |
3.2
Memahami interval nada |
Menyanyikan lagu daerah dengan interval nada
yang tepat |
IS |
1 |
Mengidentifikasi
lagu daerah dengan interval nada yang tepat |
PPKn |
|||||
36 |
3.2
Menggali isi teks penjelasan |
Menemukan informasi pada bacaan |
UR |
1 |
Menyebutkan
prinsip-prinsip kalimat efektif yang sesuai |
Bahasa
Indonesia |
|||||
37 |
3.2
Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga
negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
Hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai
seorang penemu |
UR |
|
Menuliskan
hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang penemu |
Ilmu
Pengetahuan Alam |
|||||
38 |
3.4
Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian
listrik sederhana |
Peralatan rumah tangga yang memanfaatkan
energi listrik |
UR |
1 |
Menyebutkan peralatan rumah tangga yang
memanfaatkan energi listrik |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
39 |
3.2
Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa
Indonesia |
perubahan sosial budaya masyarakat dengan
ditemukannya listrik |
UR |
1 |
Menyebutkan perubahan sosial
budaya dampak negatif internet ditemukannya listrik dalam kehidupan
sehari-hari. |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
40 |
3.2
Memahami interval nada |
Menyanyikan lagu Mariom Tomang dengan interval
nada yang tepat |
UR |
1 |
Menyebutkan asal lagu daerah “Mariom Tomang”
dan interval nada |
Komentar
Posting Komentar