Contoh Kisi-kisi Soal Penilaian Akhir Semester | Bahasa Cirebon | Kelas 6

 

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER

Kelas                 : VI (ENAM)

Bidang Studi      : BAHASA CIREBON

Kurikulum          : K13

 

No Soal

Komptensi Dasar / Capaian Pembelajaran

Materi

Bentuk Soal

Level

Indikator Soal

1

3.1 Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/bagongan dan krama/bebasan

Kebangaan terhadap Kesenian Daerah Cirebon

PG

1

Disajikan sebuah teks narasi, siswa mampu menentukan tciri ciri dari tampilan kesenian daerah cirebon barong kepet dengan tepat.

2

3.1 Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/bagongan dan krama/bebasan

Kebangaan terhadap Kesenian Daerah Cirebon

PG

2

Disajikan sebuah teks narasi, siswa mapu Menentukan alasan dari ciri fisik kesenian barong kepet yang menyerupai hewan harimau.dengan tepat.

3

3.1 Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/bagongan dan krama/bebasan

Kebangaan terhadap Kesenian Daerah Cirebon

PG

1

Disajikan sebuah teks narasi, siswa mampu Menyebutkan bahan yang digunakan dalam kesenian barong kepet dengan tepat.

4

3.1 Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/bagongan dan krama/bebasan

Anggah Ungguh Basa

PG

1

Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menentukan basa bebasan yang sesuai dari kata yang digarisbawahi. Dengan tepat

5

3.1 Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/bagongan dan krama/bebasan

Pranata Basa

PG

1

Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menentukan Subyek pada kalimat tersebut dengan tepat

6

3.1 Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/bagongan dan krama/bebasan

Pranata Basa

PG

1

Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menentukan Predikat pada kalimat tersebut dengan tepat.

7

3.1 Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/bagongan dan krama/bebasan

Kebangaan terhadap Kesenian Daerah Cirebon

PG

1

Disajikan sebuah teks narasi, siswa mampu menentukan tciri ciri dari tampilan kesenian daerah cirebon sintren dengan tepat

8

3.2 Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan

Teks tembang dolanan

PG

1

Disajikan sebuah tembang, siswa mampu menyebutkan jenis tembang tersebut dengan tepat

9

3.2 Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan

Teks tembang dolanan

PG

1

Disajikan sebuah “tembang” , siswa mampu menyebutkan jjumlah bait dalam satu lagu pada tembang tersebut dengan tepat.

10

3.2 Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan

Teks tembang dolanan

PG

2

Disajikan sebuah “tembang” , siswa mampu menentukan guru wilangan tembang tersebut dengan tepat.

11

3.2 Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan

Teks tembang dolanan

PG

1

Disajikan sebuah “ilustrasi” , siswa mampu menentukan jenis tembang tersebut dengan tepat

12

3.2 Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan

Teks tembang dolanan

PG

1

Disajikan sebuah ilustrasi tentang sebuah pekerjaan , siswa mampu menentukan nama pekerjaan dengan tepat.

13

3.2 Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan

Teks tembang dolanan

PG

1

Disajikan sebuah “tembang” , siswa mampu menentukan guru gatra tembang tersebut dengan tepat

14

3.3 mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka)

Kata dalam aksara caraka

PG

2

Disajikan sebuah kata, siswa mampu mengubah kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat.

15

3.3 mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka)

Kata dalam aksara caraka

PG

1

Disajikan sebuah perintah, siswa mampu menentukan kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat.

16

3.3 mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka)

Kata dalam aksara caraka

PG

1

Disajikan sebuah kata, siswa mampu menyebutkan sandangan kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat.

17

3.3 mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka)

Kata dalam aksara caraka

PG

2

Disajikan sebuah kata, siswa mampu mengubah kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat.

18

3.3 mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka)

Kata dalam aksara caraka

PG

1

Disajikan sebuah kata, siswa mampu mengubah kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat.

19

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Parikan basa cerbon

PG

2

Disajikan sebuah “parikan” siswa dapat mengelompokan sampiran dan isi pada parikan tersebut dengan tepat.

20

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Kaweruh basa

PG

1

Disajikan sebuah gambar hewan, siswa mampu menyebutkan nama anak hewan tersebut dalam basa cerbon dengan tepat.

21

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Pribasa

PG

1

Disajikan sebuah pribasa basa cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari pribasa tersebut.

22

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Pribasa

PG

 

Disajikan sebuah tembung bebasan basa cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari tembung bebasan tersebut.

23

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Pribasa

PG

1

Disajikan sebuah pribasa basa cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari pribasa tersebut.

24

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Kawereuh basa

PG

1

Disajikan sebuah ilustrasi, siswa mampu menyebutkan upacara adat dari dengan tepat.

25

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Guritan

PG

1

Disajikan sebuah kalimat berisi guritan basa cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari guritan tersebut.

26

3.1 Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/bagongan dan krama/bebasan

Pranata Basa

IS

1

Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menentukan lesan pada kalimat tersebut dengan tepat

27

3.1 Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/bagongan dan krama/bebasan

Pranata Basa

IS

1

Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menentukan sentra batik pada daerah cirebon dengan tepat

28

3.2 Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan

Aran panggonan

IS

1

Disajikan sebuah tembang, siswa mampu menyebutkan jenis panggonan.

29

3.2 Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan

Aran panggonan

IS

1

Disajikan sebuah tembang, siswa mampu menyebutkan jenis panggonan.

30

3.2 Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan

Aran panggonan

IS

1

Disajikan sebuah tembang, siswa mampu Menyebutkan jenis panggonan.

31

3.3 mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka)

Kata dalam aksara caraka

IS

1

Disajikan sebuah kata, siswa mampu mengubah kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat.

32

3.3 mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka)

Kata dalam aksara caraka

IS

1

Disajikan sebuah kata, siswa mampu mengubah kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat.

33

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Pribasa

IS

1

Disajikan sebuah kalimat berisi guritan basa cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari guritan tersebut.

34

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Pribasa

IS

1

Disajikan sebuah kalimat berisi guritan basa cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari guritan tersebut.

35

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Camboran wutuh

IS

1

Disajikan sebuah kalimat berisi camboran basa cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari camboran tersebut.

36

Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/bagongan dan krama/bebasan

Krama bebasan

UR

2

Disajikan sebuah kalimat siswa dapat merubah kalimat tersebut kedalam basa cerbon tingkatan krama bebasan dengan tepat.

37

3.2 Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan

Pupuh

UR

2

Disajikan sebuha pupuh, siswa dapat menentukan jumlah larik, guru lagu dan guru wilangan dengan tepat.

38

3.3 mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka)

Aksara carakan

UR

2

Disajikan beberapa kata, siswa dapat merubah kata tersebut kedalam aksara carakan cerbon dengan tepat.

39

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Parikan

UR

2

Disakijan penggalan parikan, siswa mampu melengkapi isi parikan dengan tepat

40

3.4 mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa (peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon)

Menusikan kalimat

UR

1

Disajikan sebuah gambar hewan. siswa mampu menentukan nama anak hewan tersebut dalam basa cerbon dengan tepat.

 


Komentar

Posting Komentar