KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Kelas :
VI (ENAM)
Bidang Studi :
BAHASA CIREBON
Kurikulum :
K13
|
No Soal |
Komptensi Dasar / Capaian Pembelajaran |
Materi |
Bentuk Soal |
Level |
Indikator Soal |
|
1 |
3.1
Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/bagongan dan krama/bebasan |
Kebangaan terhadap Kesenian Daerah Cirebon |
PG |
1 |
Disajikan sebuah teks narasi, siswa mampu menentukan tciri ciri
dari tampilan kesenian daerah cirebon barong kepet dengan tepat. |
|
2 |
3.1
Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/bagongan dan krama/bebasan |
Kebangaan terhadap Kesenian Daerah Cirebon |
PG |
2 |
Disajikan sebuah teks narasi, siswa mapu Menentukan alasan dari
ciri fisik kesenian barong kepet yang menyerupai hewan harimau.dengan tepat. |
|
3 |
3.1
Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/bagongan dan krama/bebasan |
Kebangaan terhadap Kesenian Daerah Cirebon |
PG |
1 |
Disajikan
sebuah teks narasi, siswa mampu Menyebutkan bahan yang digunakan dalam
kesenian barong kepet dengan tepat. |
|
4 |
3.1
Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/bagongan dan krama/bebasan |
Anggah Ungguh Basa |
PG |
1 |
Disajikan
sebuah kalimat, siswa mampu menentukan basa bebasan yang sesuai dari kata
yang digarisbawahi. Dengan tepat |
|
5 |
3.1
Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/bagongan dan krama/bebasan |
Pranata Basa |
PG |
1 |
Disajikan
sebuah kalimat, siswa mampu menentukan Subyek pada kalimat tersebut dengan
tepat |
|
6 |
3.1
Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/bagongan dan krama/bebasan |
Pranata Basa |
PG |
1 |
Disajikan sebuah kalimat, siswa
mampu menentukan Predikat pada kalimat tersebut dengan tepat. |
|
7 |
3.1
Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/bagongan dan krama/bebasan |
Kebangaan terhadap Kesenian Daerah Cirebon |
PG |
1 |
Disajikan sebuah teks narasi,
siswa mampu menentukan tciri ciri dari tampilan kesenian daerah cirebon
sintren dengan tepat |
|
8 |
3.2
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan |
Teks tembang dolanan |
PG |
1 |
Disajikan sebuah tembang, siswa
mampu menyebutkan jenis tembang tersebut dengan tepat |
|
9 |
3.2
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan |
Teks tembang dolanan |
PG |
1 |
Disajikan sebuah “tembang” , siswa
mampu menyebutkan jjumlah bait dalam satu lagu pada tembang tersebut dengan
tepat. |
|
10 |
3.2
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan |
Teks tembang dolanan |
PG |
2 |
Disajikan sebuah “tembang” , siswa
mampu menentukan guru wilangan tembang tersebut dengan tepat. |
|
11 |
3.2
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan |
Teks tembang dolanan |
PG |
1 |
Disajikan sebuah “ilustrasi” ,
siswa mampu menentukan jenis tembang tersebut dengan tepat |
|
12 |
3.2
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan |
Teks tembang dolanan |
PG |
1 |
Disajikan sebuah ilustrasi tentang
sebuah pekerjaan , siswa mampu menentukan nama pekerjaan dengan tepat. |
|
13 |
3.2
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan |
Teks tembang dolanan |
PG |
1 |
Disajikan sebuah “tembang” , siswa
mampu menentukan guru gatra tembang tersebut dengan tepat |
|
14 |
3.3
mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku,
wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka) |
Kata dalam aksara caraka |
PG |
2 |
Disajikan sebuah kata, siswa mampu
mengubah kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat. |
|
15 |
3.3
mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku,
wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka) |
Kata dalam aksara caraka |
PG |
1 |
Disajikan sebuah perintah, siswa
mampu menentukan kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat. |
|
16 |
3.3
mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku,
wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka) |
Kata dalam aksara caraka |
PG |
1 |
Disajikan sebuah kata, siswa mampu
menyebutkan sandangan kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan
tepat. |
|
17 |
3.3
mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku,
wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka) |
Kata dalam aksara caraka |
PG |
2 |
Disajikan sebuah kata, siswa mampu
mengubah kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat. |
|
18 |
3.3
mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku,
wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka) |
Kata dalam aksara caraka |
PG |
1 |
Disajikan sebuah kata, siswa mampu
mengubah kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat. |
|
19 |
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Parikan basa cerbon |
PG |
2 |
Disajikan sebuah “parikan” siswa
dapat mengelompokan sampiran dan isi pada parikan tersebut dengan tepat. |
|
20 |
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Kaweruh basa |
PG |
1 |
Disajikan sebuah gambar hewan,
siswa mampu menyebutkan nama anak hewan tersebut dalam basa cerbon dengan
tepat. |
|
21 |
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Pribasa |
PG |
1 |
Disajikan sebuah pribasa basa
cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari pribasa tersebut. |
|
22 |
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Pribasa |
PG |
|
Disajikan sebuah tembung bebasan basa cerbon,
siswa mampu menyebutkan arti dari tembung bebasan tersebut. |
|
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Pribasa |
PG |
1 |
Disajikan sebuah pribasa basa cerbon, siswa
mampu menyebutkan arti dari pribasa tersebut. |
|
|
24 |
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Kawereuh basa |
PG |
1 |
Disajikan sebuah ilustrasi, siswa mampu
menyebutkan upacara adat dari dengan tepat. |
|
25 |
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Guritan |
PG |
1 |
Disajikan sebuah kalimat berisi guritan basa
cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari guritan tersebut. |
|
26 |
3.1
Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/bagongan dan krama/bebasan |
Pranata Basa |
IS |
1 |
Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu
menentukan lesan pada kalimat tersebut dengan tepat |
|
27 |
3.1
Mencermati teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan
ngoko/bagongan dan krama/bebasan |
Pranata Basa |
IS |
1 |
Disajikan sebuah kalimat, siswa
mampu menentukan sentra batik pada daerah cirebon dengan tepat |
|
28 |
3.2
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan |
Aran panggonan |
IS |
1 |
Disajikan sebuah tembang, siswa
mampu menyebutkan jenis panggonan. |
|
29 |
3.2 Menyimak
teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser gancang, dan
tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan perbedaan |
Aran panggonan |
IS |
1 |
Disajikan sebuah tembang, siswa mampu
menyebutkan jenis panggonan. |
|
30 |
3.2
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan |
Aran panggonan |
IS |
1 |
Disajikan sebuah tembang, siswa mampu
Menyebutkan jenis panggonan. |
|
31 |
3.3 mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa
sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka
(hanacaraka) |
Kata dalam aksara caraka |
IS |
1 |
Disajikan
sebuah kata, siswa mampu mengubah kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka
dengan tepat. |
|
32 |
3.3 mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa
sandangan suku, wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka
(hanacaraka) |
Kata dalam aksara caraka |
IS |
1 |
Disajikan sebuah kata, siswa mampu mengubah
kata tersebut kedalam tulisan aksara caraka dengan tepat. |
|
33 |
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Pribasa |
IS |
1 |
Disajikan sebuah kalimat berisi guritan basa
cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari guritan tersebut. |
|
34 |
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Pribasa |
IS |
1 |
Disajikan sebuah kalimat berisi guritan basa
cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari guritan tersebut. |
|
35 |
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Camboran wutuh |
IS |
1 |
Disajikan sebuah kalimat berisi camboran basa
cerbon, siswa mampu menyebutkan arti dari camboran tersebut. |
|
36 |
Mencermati
teks narasi tetang kebanggan terhadap Bahasa Cirebon tingkatan ngoko/bagongan
dan krama/bebasan |
Krama bebasan |
UR |
2 |
Disajikan sebuah kalimat siswa dapat merubah
kalimat tersebut kedalam basa cerbon tingkatan krama bebasan dengan tepat. |
|
37 |
3.2
Menyimak teks lagu daerah (berjenis tembang dolanan, tembang anyar/kiser
gancang, dan tembang macapat pupuh mijil/kinanti) tentang persatuan dan
perbedaan |
Pupuh |
UR |
2 |
Disajikan sebuha pupuh, siswa dapat menentukan
jumlah larik, guru lagu dan guru wilangan dengan tepat. |
|
38 |
3.3
mengidentifikasi kata yang memiliki sandangan swara (berupa sandangan suku,
wulu, taling, taling tarung, pepet) dalam aksara caraka (hanacaraka) |
Aksara carakan |
UR |
2 |
Disajikan beberapa kata, siswa dapat merubah
kata tersebut kedalam aksara carakan cerbon dengan tepat. |
|
39 |
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Parikan |
UR |
2 |
Disakijan penggalan parikan, siswa mampu
melengkapi isi parikan dengan tepat |
|
40 |
3.4
mengidentifikasi teks sastra daerah Cirebon parikan (pantun), pribasa
(peribahasa), wangsalan dan guritan (puisi berbahasa Cirebon) |
Menusikan kalimat |
UR |
1 |
Disajikan sebuah gambar hewan. siswa mampu
menentukan nama anak hewan tersebut dalam basa cerbon dengan tepat. |

salam blogwalking masbro
BalasHapuspak eful
BalasHapusguru muda teh sapa ?? wkwkwkw
Hapus