KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Kelas : VI (ENAM)
Bidang Studi : BAHASA SUNDA
Kurikulum : K13
No Soal |
Komptensi Dasar /
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Bentuk Soal |
Level |
Indikator Soal |
1 |
3.1
Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk (Tema 1) |
Carita
pondok tentang penyelamatan makhluk hidup |
PG |
1 |
Disajikan penggalan narasi, peserta didik dapat menentukan tema bacaan |
2 |
3.1
Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk. |
Carita
pondok tentang penyelamatan makhluk hidup |
PG |
1 |
Disajikan penggalan narasi, peserta didik dapat menentukan
kalimah wilangan |
3 |
3.1
Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk. |
Kandaga
kecap |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menunjukan arti kata yang dicetak
miring dalam teks |
4 |
3.1
Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk. |
Paribasa |
PG |
1 |
Peserta didik dapat ngalarapkeun
paribasa ke dalam kalimat |
5 |
3.1
Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk. |
Paribasa |
PG |
2 |
Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat ngalarapkeun paribasa yang sesuai |
6 |
3.2
Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2) |
Kawih |
PG |
2 |
Disajikan kawih, peserta didik dapat menjelaskna isi kawih |
7 |
3.1
Memahami teks narasi tentang penyelamatan makhluk (Tema 1) |
Kawih |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menjelaskan makna kata yang terdapat pada
kawih |
8 |
3.1
Memahami teks narasi tentang penyelamatan makhluk (Tema 1) |
Dongeng Sasatoan |
PG |
1 |
Disajikan penggalan dongeng sasatoan, peserta didik dapat
menjelaskan sifat tokoh pada dongeng |
9 |
3.1
Memahami teks narasi tentang penyelamatan makhluk (Tema 1) |
Dongeng Sasatoan |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menunjukan arti kata yang terdapat pada
dongeng |
10 |
3.2
Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2) |
Pupuh Durma |
PG |
1 |
Disajikan pupuh Durma, peserta didik dapat menjelaskan guru lagu dan guru wilangan pupuh Durma |
11 |
3.2
Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2) |
Pupuh Durma |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menyebutkan jumlah padalisan pupuh durma |
12 |
3.2
Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2) |
Pupuh Durma |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menyimpulkan isi pupuh |
13 |
3.2
Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2) |
Pupuh Durma |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menjelaskan arti kata yang terdapat pada
pupuh |
14 |
3.2
Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2) |
Rarangkén tengah /- um/, /-al/, /-in-/, jeung /-ar-/ |
PG |
1 |
Disajikan beberapa kecap
asal, peserta didik dapat merubahnya dengan menggukan rarangken tengah
/-um-/, /-al-/, /-in-/ atawa /-ar-/ |
15 |
3.2
Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2) |
Nyangkem pupuh |
PG |
1 |
Disajikan satu bait pupuh,
peserta didik dapat menyebutkan nama pupuh |
16 |
3.2
Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2) |
Nyangkem pupuh |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menjelaskan watek pupuh |
17 |
3.2
Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2) |
Nyangkem pupuh |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan jumlah ngaran pupuh |
18 |
3.3
Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian
mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3) |
Teks narasi |
PG |
2 |
Disajikan teks narasi, peserta didik dapat menemukan gagasan
utama paragraf |
19 |
3.3
Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian
mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3) |
Teks narasi |
PG |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan kacindekan paragraf |
20 |
3.3
Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian
mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3) |
Teks narasi |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang teks yang
disajikan |
21 |
3.3
Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian
mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3) |
Wangun ing/ning |
PG |
2 |
Peserta didik dapat membedakan cara penulisan wangun /ing/ dina rarangkén jeng kata
belakang |
22 |
3.3
Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian
mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3) |
Kalimah aktip jeung pasip |
PG |
3 |
Peserta
didik dapat menerapkan kalimah aktpi dan pasip |
23 |
3.3
Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian
mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3) |
Wangun kalimah |
PG |
1 |
Disajikan
kalimat peserta didik dapat menunjukan pola kalimat |
24 |
3.3
Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian
mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3) |
Wangun kalimah pananya |
PG |
2 |
Disajikan
soal peserta didik dapat menunjukan kata tanya pada kalimat tanya. |
25 |
3.3
Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian
mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3) |
Gambar penemu |
PG |
1 |
Disajikan
gambar tokoh pahlawan siswa dapat menyebutkan asal daerahnya |
26 |
3.1
Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk |
Paribasa |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menjelaskan arti kata yang
terdapat dalam paribasa |
27 |
3.1
Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk |
Kecap sawanda |
IS |
3 |
Disajikan dua kalimat yang mengandung kecap sawanda (sangaran), peserta didik dapat membandingkan arti kecap sawanda pada kedua kalimat
tersebut |
28 |
3.2
Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2) |
Rarangkén depan dan belakang |
IS |
2 |
Disajikan satu kalimat, peserta didik dapat menyebutkan asal kecap kata yang dicetak miring |
29 |
3.3
Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian
mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3) |
Teks narasi |
IS |
1 |
Disajikan
teks, peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh penemu |
30 |
3.3
Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian
mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3) |
Teks narasi |
IS |
2 |
Disajikan
teks narasi, peserta didik dapat menentukan kalimat utama |
31 |
3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri
kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema
3) |
|
IS |
2 |
Disajikan
foto tokoh bangsa, peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh |
32 |
3.4 Memahami teks deskripsi tentang pengaruh globalisasi
terhadap lingkungan dan kehidupan manusia (Tema 4) |
Istilah tehnologi |
IS |
1 |
Disajikan
soal peserta didik dapat menentukan salah satu alat |
33 |
3.4 Memahami teks deskripsi tentang pengaruh globalisasi
terhadap lingkungan dan kehidupan manusia (Tema 4) |
Istilah tehnologi |
IS |
2 |
Disajikan
gambar siswa dapat menuliskan nama alat modern |
34 |
3.4 Memahami teks deskripsi tentang pengaruh globalisasi
terhadap lingkungan dan kehidupan manusia (Tema 4) |
Istilah tehnologi |
IS |
2 |
Disajikan
soal peserta didik dapat menjelaskan istilah tertentu dalam bidang teknologi |
35 |
3.4 Memahami teks deskripsi tentang pengaruh globalisasi
terhadap lingkungan dan kehidupan manusia (Tema 4) |
Istilah tehnologi |
IS |
2 |
Disajikan
kalimat rumpang peserta didik dapat melengkapi dengan salah satu alat
komunikasi |
36 |
3.1
Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk |
Paribasa |
UR |
3 |
Disajikan
sebuah paribasa, peserta didik dapat menjelaskan artinya |
37 |
3.1
Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk |
Paribasa |
UR |
2 |
Disajikan
soa siswa dapat menyusun kalimat dengan menggunakan kata paribasa |
38 |
3.2
Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2) |
Pupuh |
UR |
1 |
Disajian
soal siswa dapat menuliskan 3 jenis nama pupuh |
39 |
3.4
Memahami teks deskripsi tentang pengaruh globalisasi terhadap lingkungan dan
kehidupan manusia (Tema 4) |
Tehnologi |
UR |
1 |
Disajikan
soal siswa dapat menyusun kalimat |
40 |
3.3
Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian
mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3) |
Tehnologi |
UR |
|
Disajikan
soal siswa dapat menjelaskan manfaat kemajuan tehnologi |
Komentar
Posting Komentar