Contoh kisi-kisi soal Penilaian Akhir Semester (PAS) | Bahasa Sunda | Kelas 6

 

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER

Kelas                 : VI (ENAM)

Bidang Studi      : BAHASA SUNDA

Kurikulum          : K13

 

No Soal

Komptensi Dasar / Capaian Pembelajaran

Materi

Bentuk Soal

Level

Indikator Soal

1

3.1 Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk (Tema 1)

Carita pondok tentang penyelamatan makhluk hidup

PG

1

Disajikan penggalan narasi, peserta didik dapat menentukan tema bacaan

2

3.1 Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk.

Carita pondok tentang penyelamatan makhluk hidup

PG

1

Disajikan penggalan narasi, peserta didik dapat menentukan kalimah wilangan

3

3.1 Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk.

Kandaga kecap

PG

1

Peserta didik dapat menunjukan arti kata yang dicetak miring dalam teks

4

3.1 Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk.

Paribasa

PG

1

Peserta didik dapat ngalarapkeun paribasa ke dalam kalimat

5

3.1 Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk.

Paribasa

PG

2

Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat ngalarapkeun paribasa yang sesuai

6

3.2 Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2)

Kawih

PG

2

Disajikan kawih, peserta didik dapat menjelaskna isi kawih

7

3.1 Memahami teks narasi tentang penyelamatan makhluk (Tema 1)

Kawih

PG

1

Peserta didik dapat menjelaskan makna kata yang terdapat pada kawih

8

3.1 Memahami teks narasi tentang penyelamatan makhluk (Tema 1)

Dongeng Sasatoan

PG

1

Disajikan penggalan dongeng sasatoan, peserta didik dapat menjelaskan sifat tokoh pada dongeng

9

3.1 Memahami teks narasi tentang penyelamatan makhluk (Tema 1)

Dongeng Sasatoan

PG

1

Peserta didik dapat menunjukan arti kata yang terdapat pada dongeng

10

3.2 Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2)

Pupuh Durma

PG

1

Disajikan pupuh Durma, peserta didik dapat menjelaskan guru lagu dan guru wilangan pupuh Durma

11

3.2 Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2)

Pupuh Durma

PG

2

Peserta didik dapat menyebutkan jumlah padalisan pupuh durma

12

3.2 Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2)

Pupuh Durma

PG

1

Peserta didik dapat menyimpulkan isi pupuh

13

3.2 Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2)

Pupuh Durma

PG

1

Peserta didik dapat menjelaskan arti kata yang terdapat pada pupuh

14

3.2 Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2)

Rarangkén tengah /- um/, /-al/, /-in-/,

jeung /-ar-/

PG

1

Disajikan beberapa kecap asal, peserta didik dapat merubahnya dengan menggukan rarangken tengah /-um-/, /-al-/, /-in-/ atawa /-ar-/

15

3.2 Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2)

Nyangkem pupuh

PG

1

Disajikan satu bait pupuh, peserta didik dapat menyebutkan nama pupuh

16

3.2 Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2)

Nyangkem pupuh

PG

1

Peserta didik dapat menjelaskan watek pupuh

17

3.2 Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2)

Nyangkem pupuh

PG

1

Peserta didik dapat menentukan jumlah ngaran pupuh

18

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

Teks narasi

PG

2

Disajikan teks narasi, peserta didik dapat menemukan gagasan utama paragraf

19

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

Teks narasi

PG

3

Peserta didik dapat menjelaskan kacindekan paragraf

20

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

Teks narasi

PG

1

Peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang teks yang disajikan

21

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

Wangun ing/ning

PG

2

Peserta didik dapat membedakan cara penulisan wangun /ing/ dina rarangkén jeng kata belakang

22

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

Kalimah aktip jeung pasip

PG

3

Peserta didik dapat menerapkan kalimah aktpi dan pasip

23

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

Wangun kalimah

PG

1

Disajikan kalimat peserta didik dapat menunjukan pola kalimat

24

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

Wangun kalimah pananya

PG

2

Disajikan soal peserta didik dapat menunjukan kata tanya pada kalimat tanya.

25

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

Gambar penemu

PG

1

Disajikan gambar tokoh pahlawan siswa dapat menyebutkan asal daerahnya

26

3.1 Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk

Paribasa

IS

1

Peserta didik dapat menjelaskan arti kata yang terdapat dalam paribasa

27

3.1 Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk

Kecap sawanda

IS

3

Disajikan dua kalimat yang mengandung kecap sawanda (sangaran), peserta didik dapat membandingkan arti kecap sawanda pada kedua kalimat tersebut

28

3.2 Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2)

Rarangkén depan dan belakang

IS

2

Disajikan satu kalimat, peserta didik dapat menyebutkan asal kecap kata yang dicetak miring

29

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

Teks narasi

IS

1

Disajikan teks, peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh penemu

30

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

Teks narasi

IS

2

Disajikan teks narasi, peserta didik dapat menentukan kalimat utama

31

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

 

IS

2

Disajikan foto tokoh bangsa, peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh

32

3.4 Memahami teks deskripsi tentang pengaruh globalisasi terhadap lingkungan dan kehidupan manusia (Tema 4)

Istilah tehnologi

IS

1

Disajikan soal peserta didik dapat menentukan salah satu alat

33

3.4 Memahami teks deskripsi tentang pengaruh globalisasi terhadap lingkungan dan kehidupan manusia (Tema 4)

Istilah tehnologi

IS

2

Disajikan gambar siswa dapat menuliskan nama alat modern

34

3.4 Memahami teks deskripsi tentang pengaruh globalisasi terhadap lingkungan dan kehidupan manusia (Tema 4)

Istilah tehnologi

IS

2

Disajikan soal peserta didik dapat menjelaskan istilah tertentu dalam bidang teknologi

35

3.4 Memahami teks deskripsi tentang pengaruh globalisasi terhadap lingkungan dan kehidupan manusia (Tema 4)

Istilah tehnologi

IS

2

Disajikan kalimat rumpang peserta didik dapat melengkapi dengan salah satu alat komunikasi

36

3.1 Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk

Paribasa

UR

3

Disajikan sebuah paribasa, peserta didik dapat menjelaskan artinya

37

3.1 Memahami isi teks carita pondok tentang penyelamatan makhluk

Paribasa

UR

2

Disajikan soa siswa dapat menyusun kalimat dengan menggunakan kata paribasa

38

3.2 Memahami teks pupuh tentang kehidupan berbangsa dan bernegara (Tema 2)

Pupuh

UR

1

Disajian soal siswa dapat menuliskan 3 jenis nama pupuh

39

3.4 Memahami teks deskripsi tentang pengaruh globalisasi terhadap lingkungan dan kehidupan manusia (Tema 4)

Tehnologi

UR

1

Disajikan soal siswa dapat menyusun kalimat

40

3.3 Memahami teks narasi tentang tokoh dan penemu secara mandiri kemudian mengolah dan menuliskannya kembali dengan kata- kata sendiri (Tema 3)

Tehnologi

UR

 

Disajikan soal siswa dapat menjelaskan manfaat kemajuan tehnologi

 


Komentar