KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Kelas :
VI (ENAM)
Bidang Studi :
TEMA 4
Kurikulum :
K13
No Soal |
Kompetensi Dasar / Capaian Pembelajaran |
Materi |
Bentuk Soal |
Level |
Indikator Soal |
PPKn |
|||||
1 |
Menelaah keberagaman sosial, budaya dan
ekonomi masyarakat |
Sikap-sikap yang perlu dikembangkan dalam
keberagaman ekonomi |
PG |
2 |
Disajikan
sebuah paragraf, peserta didik dapat menunjukan perilaku sikap
toleransi dalam keberagaman ekonomi di lingkungan masyarakat |
2 |
Menelaah keberagaman sosial, budaya dan
ekonomi masyarakat |
Contoh keberagaman ekonomi |
PG |
1 |
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh keberagaman ekonomi
di Indonesia |
3 |
Menelaah keberagaman sosial, budaya dan
ekonomi masyarakat |
Pentingnya menghargai keberagaman ekonomi |
PG |
2 |
Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan sikap
yang harus ditunjukkan kepada pemulung sampah |
4 |
Menelaah keberagaman sosial, budaya dan
ekonomi masyarakat |
Sikap-sikap yang perlu dikembangkan di tengah
globalisasi |
PG |
2 |
Disajikan
beberapa sikap, peserta didik dapat menentukan sikap yang dikembangkan di era globalisasi |
5 |
Menelaah keberagaman sosial, budaya dan
ekonomi masyarakat |
Sikap-sikap yang perlu dikembangkan di era
globalisasi |
PG |
3 |
Disajikan
sebuah kalimat, peserta didik dapat menganalisis sikap yang perlu
dikembangkan di era globalisasi |
Bahasa Indonesia |
|||||
6 |
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi)
ilmiah yang didengar dan dibaca |
Teks Eksplanasi |
PG |
3 |
Disajikan sebuah teks bacaan ,
peserta didik dapat menganalisis
pernyataan umum dari teks eksplanasi. |
7 |
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi)
ilmiah yang didengar dan dibaca. |
Deret Penjelas |
PG |
1 |
Peserta didik dapat
mengindentifikasi struktur teks ekspalanai dengan benar |
8 |
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi)
ilmiah yang didengar dan dibaca. |
Teks Eksplanasi |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan
jenis teks yang menjelaskan proses tansmisi dan distribusi listrik |
9 |
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi)
ilmiah yang didengar dan dibaca. |
Kata baku |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan
kata baku pada sebuah kalimat |
10 |
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi)
ilmiah yang didengar dan dibaca. |
Kalimat efektif |
PG |
3 |
Peserta didik dapat menganalisis
kalimat efektif dengan memperhatikan kata baku dengan benar |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
11 |
Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan
menghemat energi listrik |
Cara menghasilkan energi listrik |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan
komponen utama pada Pembangkit listrik |
12 |
Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan
menghemat energi listrik |
Cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik |
PG |
3 |
Disajikan sebuah gambar, peserta
didik dapat menganalisis fungsi salah satu alat dalam proses tranmisi dan
distribusi listrik |
13 |
Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan
menghemat energi listrik |
Cara menghemat energi listrik |
PG |
1 |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari hari
dengan benar |
14 |
Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan
menghemat energi listrik |
Sumber energi listrik alternatif |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan energi yang
dapat diperbaharui |
15 |
Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan
menghemat energi listrik |
Sumber energi listrik alternatif |
PG |
1 |
Peserta didik dapat meberikan
contoh pemanfaatan energi alternatif dalam kehidupan sehari hari. |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
16 |
Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN |
Kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN |
PG |
1 |
Disajikan sebuah kalimat, peserta
didik dapat mengidentifikasi kerjasama Indonesia dengan negara-negara anggota
ASEAN di bidang politik |
17 |
Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan
dalam lingkup ASEAN |
Kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan
dampak positif dari adanya globalisasi terhadap kebudayaan Indonesia |
18 |
Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN |
Kerja sama di bidang IPTEK dalam lingkup ASEAN |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan
komite yang menangani kerja sama di bidang IPTEK dalam lingkup ASEAN |
19 |
Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN |
Pengaruh globalisasi di bidang ekonomi |
PG |
1 |
Peserta didik dapat memberikan
contoh pengaruh globalisasi di bidang
ekonomi |
20 |
Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN |
Pengaruh globalisasi di bidang transportasi |
PG |
1 |
Disajikan beberapa pernyataan,
peserta didik dapat mengidentifikasi contoh pengaruh globalisasi di bidang
transportasi |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
21 |
Memahami reklame |
Syarat reklame |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian reklame yang bersifat persuasif |
22 |
Memahami reklame |
Pengertian poster |
PG |
2 |
Peserta didik
dapat menentukan pengertian dari salah
satu jenis reklame |
23 |
Memahami reklame |
Ciri-ciri poster |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri
poster |
24 |
Memahami reklame |
Tujuan poster |
PG |
3 |
Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat
mengamati tujuan poster |
25 |
Memahami reklame |
Jenis-jenis brosur |
PG |
1 |
Peserta didik dapat mengidentifikasi
jenis-jenis brosur |
PPKn |
|||||
26 |
Menelaah keberagaman sosial, budaya dan
ekonomi masyarakat |
Dampak positif globalisasi |
IS |
2 |
Disajikan sebuah kalimat rumpang, peserta
didik dapat mengidentifikasi dampak positif globalisasi |
27 |
Menelaah keberagaman sosial, budaya dan
ekonomi masyarakat |
Cinta Tanah Air |
IS |
1 |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi sila Pancasila dari sikap cinta tanah air |
Bahasa Indonesia |
|||||
28 |
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi)
ilmiah yang didengar dan dibaca |
Kata baku |
IS |
2 |
Disajikan sebuah kalimat, peserta
didik dapat menentukan kata baku |
29 |
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi)
ilmiah yang didengar dan dibaca |
Kata baku |
IS |
2 |
Peserta didik dapat menentukan struktur dari Teks Eksplanasi |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
30 |
Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan
menghemat energi listrik |
Pembangkit Listrik Tenaga Surya |
IS |
2 |
Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat
menentukan nama alat pengubah energi surya menjadi energi listrik |
31 |
Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan
menghemat energi listrik |
Sumber energi listrik |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menuliskan sumber energi
listrik yang terdapat pada alat elektronik |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
32 |
Menganalisis posisi dan peran
Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya,
teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN |
Pengaruh globalisasi dalam bidang Pendidikan |
IS |
1 |
Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat
mengidentifikasi pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan |
33 |
Menganalisis posisi dan peran
Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya,
teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN |
Kerja sama negara-negara ASEAN |
IS |
2 |
Peserta didik dapat menentukan negara yang
menjadi tempat proyek industri pupuk UREA |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
34 |
Memahami reklame |
Jenis-jenis reklame |
IS |
1 |
Peserta didik dapat mengidentifikasi
jenis-jenis reklame berdasarkan medianya |
35 |
Memahami reklame |
Syarat reklame |
IS |
2 |
Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat
menentukan syarat pembuatan reklame |
PPKn |
|||||
36 |
Menelaah keberagaman sosial, budaya dan
ekonomi masyarakat |
Sikap yang perlu dikembangkan di era globalisasi |
UR |
3 |
Peserta didik dapat menjelaskan makna sikap
berpikir global dan bertindak lokal |
Bahasa Indonesia |
|||||
37 |
Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi)
ilmiah yang didengar dan dibaca. |
Kalimat efektif |
UR |
3 |
Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat
memperbaiki kata baku pada sebuah
kalimat efektif |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
38 |
Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan
menghemat energi listrik |
Sumber energi alternatif |
UR |
3 |
Peserta didik dapat menganalisis kebutuhan sumber energi alternatif di
Indonesia |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
39 |
Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN |
Negara-negara pendiri ASEAN |
UR |
1 |
Peserta didik dapat menuliskan 5 negara pendiri ASEAN |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
40 |
Memahami reklame |
Ciri-ciri reklame |
UR |
1 |
Peserta didik dapat menuliskan ciri-ciri reklame |
Komentar
Posting Komentar