Contoh kisi-kisi soal Penilaian Akhir Semester | Tema 4 | Kelas 6

 

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER

Kelas                 : VI (ENAM)

Bidang Studi      : TEMA 4

Kurikulum          : K13

 

No Soal

Kompetensi Dasar / Capaian Pembelajaran

Materi

Bentuk Soal

Level

Indikator Soal

PPKn

1

Menelaah keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat

Sikap-sikap yang perlu dikembangkan dalam keberagaman ekonomi

PG

2

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menunjukan perilaku sikap toleransi dalam keberagaman ekonomi di lingkungan masyarakat

2

Menelaah keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat

Contoh keberagaman ekonomi

PG

1

Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh keberagaman ekonomi di Indonesia

3

Menelaah keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat

Pentingnya menghargai keberagaman ekonomi

PG

2

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan sikap yang harus ditunjukkan kepada pemulung sampah

4

Menelaah keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat

Sikap-sikap yang perlu dikembangkan di tengah globalisasi

PG

2

Disajikan beberapa sikap, peserta didik dapat menentukan sikap yang dikembangkan  di era globalisasi

5

Menelaah keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat

Sikap-sikap yang perlu dikembangkan di era globalisasi

PG

3

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menganalisis sikap yang perlu dikembangkan di era globalisasi

Bahasa Indonesia

6

Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca

Teks Eksplanasi

PG

3

Disajikan sebuah teks bacaan , peserta didik dapat menganalisis pernyataan umum dari teks eksplanasi.

7

Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.

Deret Penjelas

PG

1

Peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks ekspalanai dengan benar

8

Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.

Teks Eksplanasi

PG

2

Peserta didik dapat menentukan jenis teks yang menjelaskan proses tansmisi dan distribusi listrik

9

Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.

Kata baku

PG

2

Peserta didik dapat menentukan kata baku pada sebuah kalimat

10

Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.

Kalimat efektif

PG

3

Peserta didik dapat menganalisis kalimat efektif dengan memperhatikan kata baku dengan benar

Ilmu Pengetahuan Alam

11

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan menghemat energi listrik

Cara menghasilkan energi listrik

PG

2

Peserta didik dapat menentukan komponen utama pada Pembangkit listrik

12

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan menghemat energi listrik

Cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik

PG

3

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menganalisis fungsi salah satu alat dalam proses tranmisi dan distribusi listrik

13

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan menghemat energi listrik

Cara menghemat energi listrik

PG

1

Peserta didik dapat mengidentifikasi cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari hari dengan benar

14

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan menghemat energi listrik

Sumber energi listrik alternatif

PG

2

Peserta didik dapat menentukan energi yang dapat diperbaharui

15

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan menghemat energi listrik

Sumber energi listrik alternatif

PG

1

Peserta didik dapat meberikan contoh pemanfaatan energi alternatif dalam kehidupan sehari hari.

Ilmu Pengetahuan Sosial

16

Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN

Kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN

PG

1

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat mengidentifikasi kerjasama Indonesia dengan negara-negara anggota ASEAN di bidang politik

17

Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN

Kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN

PG

2

Peserta didik dapat menentukan dampak positif dari adanya globalisasi terhadap kebudayaan Indonesia

18

Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN

Kerja sama di bidang IPTEK dalam lingkup ASEAN

PG

2

Peserta didik dapat menentukan komite yang menangani kerja sama di bidang IPTEK dalam lingkup ASEAN

19

Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN

Pengaruh globalisasi di bidang ekonomi

PG

1

Peserta didik dapat memberikan contoh  pengaruh globalisasi di bidang ekonomi

20

Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN

Pengaruh globalisasi di bidang transportasi

PG

1

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh pengaruh globalisasi di bidang transportasi

Seni Budaya dan Prakarya

21

Memahami reklame

Syarat reklame

PG

1

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian reklame yang bersifat persuasif

22

Memahami reklame

Pengertian poster

PG

2

Peserta didik dapat menentukan pengertian dari salah  satu jenis reklame

23

Memahami reklame

Ciri-ciri poster

PG

2

Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri poster

24

Memahami reklame

Tujuan poster

PG

3

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat mengamati  tujuan poster

25

Memahami reklame

Jenis-jenis brosur

PG

1

Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis brosur

PPKn

26

Menelaah keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat

Dampak positif globalisasi

IS

2

Disajikan sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif globalisasi

27

Menelaah keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat

Cinta Tanah Air

IS

1

Peserta didik dapat mengidentifikasi sila Pancasila dari sikap cinta tanah air

Bahasa Indonesia

28

Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca

Kata baku

IS

2

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan kata baku

29

Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca

Kata baku

IS

2

Peserta didik dapat menentukan struktur  dari Teks Eksplanasi

Ilmu Pengetahuan Alam

30

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan menghemat energi listrik

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

IS

2

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menentukan nama alat pengubah energi surya menjadi energi listrik

31

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan menghemat energi listrik

Sumber energi listrik

IS

1

Peserta didik dapat menuliskan sumber energi listrik yang terdapat pada alat elektronik

Ilmu Pengetahuan Sosial

32

Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN

Pengaruh globalisasi dalam bidang Pendidikan

IS

1

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan

33

Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN

Kerja sama negara-negara ASEAN

IS

2

Peserta didik dapat menentukan negara yang menjadi tempat proyek industri pupuk UREA

Seni Budaya dan Prakarya

34

Memahami reklame

Jenis-jenis reklame

IS

1

Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis reklame berdasarkan medianya

35

Memahami reklame

Syarat reklame

IS

2

Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat menentukan syarat pembuatan reklame

PPKn

36

Menelaah keberagaman sosial, budaya dan ekonomi masyarakat

Sikap yang perlu dikembangkan di era globalisasi

UR

3

Peserta didik dapat menjelaskan makna sikap berpikir global dan bertindak lokal

Bahasa Indonesia

37

Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.

Kalimat efektif

UR

3

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat memperbaiki  kata baku pada sebuah kalimat efektif

Ilmu Pengetahuan Alam

38

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan menghemat energi listrik

Sumber energi alternatif

UR

3

Peserta didik dapat menganalisis kebutuhan sumber energi alternatif di Indonesia

Ilmu Pengetahuan Sosial

39

Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN

Negara-negara pendiri ASEAN

UR

1

Peserta didik dapat menuliskan 5 negara pendiri ASEAN

Seni Budaya dan Prakarya

40

Memahami reklame

Ciri-ciri reklame

UR

1

Peserta didik dapat menuliskan ciri-ciri reklame


Komentar