KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Kelas :
VI (ENAM)
Bidang Studi :
MATEMATIKA
Kurikulum :
K13
No Soal |
Komptensi Dasar / Capaian Pembelajaran |
Materi |
Bentuk Soal |
Level |
Indikator Soal |
1 |
3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif
(termasuk menggunakan garis bilangan) |
Bilangan bulat |
PG |
1 |
Disajikan
sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menginterpretasikan konsep bilangan
bulat dengan tepat. |
2 |
3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif
(termasuk menggunakan garis bilangan) |
Bilangan bulat |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menyebutkan bilangan – bilangan yang berada
diantara bilangan bulat dengan benar. |
3 |
3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif
(termasuk menggunakan garis bilangan) |
Bilangan bulat |
PG |
2 |
Disajikan sebuah ilustrasi kejadian dalam kehidupan sehari-hari
, peserta didik dapat menentukan bilangan bulat negatif dengan tepat. |
4 |
3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif
(termasuk menggunakan garis bilangan) |
Bilangan bulat |
PG |
3 |
Disajikan
urutan bilangan bulat, peserta didik dapat mengurutkan bilangan tersebut dari
yang terbesar. |
5 |
3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan
bulat negatif |
Penjumlahan Bilangan Bulat |
PG |
2 |
Disajikan
sebuah garis bilangan, peserta didik dapat menentukan notasi matematika yang
sesuai dengan garis bilangan dengan tepat. |
6 |
3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan
bulat negatif |
Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat |
PG |
2 |
Disajikan operasi hitung bilangan
bulat yang salah satunya belum diketahui nilainya, peserta didik dapat
menghitung nilai bilangan bulat yang belum diketahui tersebut. |
7 |
3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan
bulat negatif |
Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat |
PG |
2 |
Disajikan sebuah ilustrasi
kejadian dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan hasil
operasi hitung bilangan bulat dengan tepat |
8 |
3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan
bulat negatif |
Operasi campur bilangan bulat |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menghitung
operasi campur bilangan bulat dengan tepat. |
9 |
3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung
campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam
berbagai bentuk sesuai urutan operasi |
Operasi hitung campuran |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan
hasil operasi hitung pecahan yang berbeda jenis dengan tepat |
10 |
3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung
campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam
berbagai bentuk sesuai urutan operasi |
Operasi hitung campuran |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan
hasil operasi hitung pecahan yang berbeda jenis dengan tepat |
11 |
3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung
campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam
berbagai bentuk sesuai urutan operasi |
Operasi hitung campuran pecahan |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan
hasil operasi hitung bilangan pecahan dan atau desimal dengan tepat |
12 |
3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung
campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam
berbagai bentuk sesuai urutan operasi |
Operasi hitung campuran pecahan |
PG |
3 |
Disajikan sebuah ilustrasi cerita
mengenai bilangan pecahan yang berbeda jenis, peserta didik dapat memecahkan
masalah tersebut dengan benar |
13 |
3.4.
Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng,
dan juring |
Lingkaran |
PG |
1 |
Disajikan sebuah gambar lingkaran,
peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian lingkaran dengan benar |
14 |
3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring |
Lingkaran |
PG |
1 |
Disajikan sebuah soal, peserta
didik dapat menyebutkan bagian-bagian lingkaran dengan benar. |
15 |
3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring |
Lingkaran |
PG |
1 |
Disajikan sebuah gambar lingkaran,
peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian lingkaran dengan benar |
16 |
3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring |
Lingkaran |
PG |
1 |
Disajikan sebuah definisi bagian
lingkaran, peserta didik dapat menyebutkan bagian lingkaran yang dimaksud
dengan tepat. |
17 |
3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas
lingkaran |
Keliling lingkaran |
PG |
2 |
Disajikan sebuah soal, peserta
didik dapat menghitung keliling lingkaran dengan tepat |
18 |
3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas
lingkaran |
Luas lingkaran |
PG |
2 |
Disajikan sebuah ilutrasi
lingkaran yang diketahui luasnya, peserta didik dapat menentukan diameter
dari luas lingkaran yang diketahui tersebut |
19 |
3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas
lingkaran |
Luas Lingkaran |
PG |
3 |
Disajikan sebuah ilustrasi soal
dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memecahkan masalah yang
berkaitan dengan luas lingkaran dengan tepat |
20 |
3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas
lingkaran |
Luas Bangun Datar Gabungan |
PG |
3 |
Disajikan sebuah gambar bangun
datar gabungan, peserta didik dapat menghitung luas bangun datar yang memuat
lingkaran dengan tepat |
21 |
3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif
(termasuk menggunakan garis bilangan) |
Bilangan bulat |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menyebutkan
bagian dari bilangan bulat dengan tepat |
22 |
3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif
(termasuk menggunakan garis bilangan) |
Bilangan bulat |
IS |
1 |
Disajikan sebuah Sebuah ilutrasi bilangan
bulat, peserta didik dapat menyatakan bilangan bulat yang tepat dengan benar. |
23 |
3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan
bulat negatif |
Operasi hitunng campuran bilangan bulat |
IS |
2 |
Peserta didik dapat menentukan hasil dari
operasi hitung campuran bilangan bulat dengan benar |
24 |
3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan
bulat negatif |
Operasi hitunng campuran bilangan bulat |
IS |
2 |
Peserta didik dapat menentukan hasil dari
operasi hitung campuran bilangan bulat dengan benar |
25 |
3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung
campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam
berbagai bentuk sesuai urutan operasi |
Operasi hitung campuran bilangan cacah, pecahan |
IS |
2 |
Peserta didik dapat menentukan nilai n yang
memuat operasi hitung campuran bilangan bulat dengan benar |
26 |
3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung
campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam
berbagai bentuk sesuai urutan operasi |
Operasi hitung campuran pecahan |
IS |
2 |
Disajikan sebuah ilustrasi tentang pecahan,
peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan yang melibatkan bilangan
cacah, pecahan dengan tepat |
27 |
3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring |
Lingkaran |
IS |
1 |
Disajikan sebuah definisi bagian
lingkaran, peserta didik dapat menyebutkan konsep bagian lingkaran tersebut
dengan tepat |
28 |
3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring |
Bagian Lingkaran |
IS |
1 |
Disajikan sebuah gambar lingkaran,
peserta didik dapat menyebutkan Panjang jari-jari jika yang diketahui
diameternya dengan tepat |
29 |
3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas
lingkaran |
Keliling bangun datar gabungan |
IS |
2 |
Disajikan sebuah gambar bangun datar gabungan,
peserta didik dapat menghitung keliling bangun datar yang memuat lingkaran
dengan tepat. |
30 |
3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas
lingkaran |
Keliling lingkaran |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menyebutkan jari-jari
lingkaran dari keliling yang diketahui dengan tepat |
31 |
3.1. Menjelaskan bilangan bulat
negatif (termasuk menggunakan garis bilangan) |
Bilangan Bulat |
UR |
3 |
Disajikan ilustrasi kejadian sehari-hari,
peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan tentang konsep bilangan
bulat negatif dengan tepat |
32 |
3.2. Menjelaskan dan melakukan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan
bilangan bulat negatif |
Operasi hitung campuran bilangan bulat |
UR |
3 |
Disajikan sebuah ilustrasi cerita tentang
bilangan bulat, peserta didik dapat memecahkan masalah dari operasi hitung
tersebut dengan tepat. |
33 |
3.3. Menjelaskan dan melakukan
operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau
desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi |
Melakukan operasi hitung campuran bilangan cacah |
UR |
2 |
Disajikan sebuah ilustrasi tentang pecahan
yang berbeda jenis, peserta didik dapat menentukan jumlah dari pecahan
tersebut |
34 |
3.4. Menjelaskan titik pusat,
jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring |
Lingkaran |
UR |
1 |
Disajikan sebuah gambar lingkaran, peserta
didik dapat menyebutkan bagian-bagian lingkaran dengan benar |
35 |
3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas
lingkaran |
Luas bangun datar gabungan |
UR |
2 |
Disajikan sebuah gambar bangun datar gabungan,
peserta didik dapat menghitung luas bangun datar yang memuat lingkaran dengan
tepat |
Komentar
Posting Komentar