Contoh kisi-kisi soal Penilaian Akhir Semesetr (PAS) | Matematika | Kelas 6


 

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER

Kelas                 : VI (ENAM)

Bidang Studi      : MATEMATIKA

Kurikulum          : K13

 

No Soal

Komptensi Dasar / Capaian Pembelajaran

Materi

Bentuk Soal

Level

Indikator Soal

1

3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)

Bilangan bulat

PG

1

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menginterpretasikan konsep bilangan bulat dengan tepat.

2

3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)

Bilangan bulat

PG

1

Peserta didik dapat menyebutkan bilangan – bilangan yang berada diantara bilangan bulat dengan benar.

3

3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)

Bilangan bulat

PG

2

Disajikan sebuah ilustrasi kejadian dalam kehidupan sehari-hari , peserta didik dapat menentukan bilangan bulat negatif dengan tepat.

4

3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)

Bilangan bulat

PG

3

Disajikan urutan bilangan bulat, peserta didik dapat mengurutkan bilangan tersebut dari yang terbesar.

5

3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif

Penjumlahan Bilangan Bulat

PG

2

Disajikan sebuah garis bilangan, peserta didik dapat menentukan notasi matematika yang sesuai dengan garis bilangan dengan tepat.

6

3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif

Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

PG

2

Disajikan operasi hitung bilangan bulat yang salah satunya belum diketahui nilainya, peserta didik dapat menghitung nilai bilangan bulat yang belum diketahui tersebut.

7

3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif

Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

PG

2

Disajikan sebuah ilustrasi kejadian dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat dengan tepat

8

3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif

Operasi campur bilangan bulat

PG

2

Peserta didik dapat menghitung operasi campur bilangan bulat dengan tepat.

9

3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Operasi hitung campuran

PG

2

Peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung pecahan yang berbeda jenis dengan tepat

10

3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Operasi hitung campuran

PG

2

Peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung pecahan yang berbeda jenis dengan tepat

11

3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Operasi hitung campuran pecahan

PG

2

Peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung bilangan pecahan dan atau desimal dengan tepat

12

3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Operasi hitung campuran pecahan

PG

3

Disajikan sebuah ilustrasi cerita mengenai bilangan pecahan yang berbeda jenis, peserta didik dapat memecahkan masalah tersebut dengan benar

13

3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring

Lingkaran

PG

1

Disajikan sebuah gambar lingkaran, peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian lingkaran dengan benar

14

3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring

Lingkaran

PG

1

Disajikan sebuah soal, peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian lingkaran dengan benar.

15

3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring

Lingkaran

PG

1

Disajikan sebuah gambar lingkaran, peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian lingkaran dengan benar

16

3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring

Lingkaran

PG

1

Disajikan sebuah definisi bagian lingkaran, peserta didik dapat menyebutkan bagian lingkaran yang dimaksud dengan tepat.

17

3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

Keliling lingkaran

PG

2

Disajikan sebuah soal, peserta didik dapat menghitung keliling lingkaran dengan tepat

18

3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

Luas lingkaran

PG

2

Disajikan sebuah ilutrasi lingkaran yang diketahui luasnya, peserta didik dapat menentukan diameter dari luas lingkaran yang diketahui tersebut

19

3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

Luas Lingkaran

PG

3

Disajikan sebuah ilustrasi soal dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan luas lingkaran dengan tepat

20

3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

Luas Bangun Datar Gabungan

PG

3

Disajikan sebuah gambar bangun datar gabungan, peserta didik dapat menghitung luas bangun datar yang memuat lingkaran dengan tepat

21

3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)

Bilangan bulat

IS

1

Peserta didik dapat menyebutkan bagian dari bilangan bulat dengan tepat

22

3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)

Bilangan bulat

IS

1

Disajikan sebuah Sebuah ilutrasi bilangan bulat, peserta didik dapat menyatakan bilangan bulat yang tepat dengan benar.

23

3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif

Operasi hitunng campuran bilangan bulat

IS

2

Peserta didik dapat menentukan hasil dari operasi hitung campuran bilangan bulat dengan benar

24

3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif

Operasi hitunng campuran bilangan bulat

IS

2

Peserta didik dapat menentukan hasil dari operasi hitung campuran bilangan bulat dengan benar

25

3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Operasi hitung campuran bilangan cacah, pecahan

IS

2

Peserta didik dapat menentukan nilai n yang memuat operasi hitung campuran bilangan bulat dengan benar

26

3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Operasi hitung campuran pecahan

IS

2

Disajikan sebuah ilustrasi tentang pecahan, peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dengan tepat

27

3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring

Lingkaran

IS

1

Disajikan sebuah definisi bagian lingkaran, peserta didik dapat menyebutkan konsep bagian lingkaran tersebut dengan tepat

28

3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring

Bagian Lingkaran

IS

1

Disajikan sebuah gambar lingkaran, peserta didik dapat menyebutkan Panjang jari-jari jika yang diketahui diameternya dengan tepat

29

3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

Keliling bangun datar gabungan

IS

2

Disajikan sebuah gambar bangun datar gabungan, peserta didik dapat menghitung keliling bangun datar yang memuat lingkaran dengan tepat.

30

3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

Keliling lingkaran

IS

1

Peserta didik dapat menyebutkan jari-jari lingkaran dari keliling yang diketahui dengan tepat

31

3.1. Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)

Bilangan Bulat

UR

3

Disajikan ilustrasi kejadian sehari-hari, peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan tentang konsep bilangan bulat negatif dengan tepat

32

3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif

Operasi hitung campuran bilangan bulat

UR

3

Disajikan sebuah ilustrasi cerita tentang bilangan bulat, peserta didik dapat memecahkan masalah dari operasi hitung tersebut dengan tepat.

33

3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Melakukan operasi hitung campuran bilangan cacah

UR

2

Disajikan sebuah ilustrasi tentang pecahan yang berbeda jenis, peserta didik dapat menentukan jumlah dari pecahan tersebut

34

3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring

Lingkaran

UR

1

Disajikan sebuah gambar lingkaran, peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian lingkaran dengan benar

35

3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

Luas bangun datar gabungan

UR

2

Disajikan sebuah gambar bangun datar gabungan, peserta didik dapat menghitung luas bangun datar yang memuat lingkaran dengan tepat

 

Komentar