KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Kelas :
VI (ENAM)
Bidang Studi :
TEMA 2
Kurikulum :
K13
No Soal |
Komptensi Dasar / Capaian Pembelajaran |
Materi |
Bentuk Soal |
Level |
Indikator Soal |
PPKn |
|||||
1 |
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya |
Makna persatuan dalam perbedaan |
PG |
1 |
Peserta didik dapat memilih sikap yang tepat dalam pertemanan
dengan benar. |
2 |
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya |
Nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di
lingkungan sekolah |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan nilai persatuan dalam perbedaan
di lingkungan sekolah |
3 |
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya |
Meneladani kerja sama pejuang sebagai bentuk
penerapan nilai persatuan dan kesatua |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan tindakan untuk memperkuat
persatuan dan kesatuan. |
4 |
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya |
Mempertahankan persatuan dan kesatuan |
PG |
3 |
Peserta
didik dapat menganalisis cara menghindari perselisihan. |
5 |
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya |
Manfaat persatuan dan kesatuan |
PG |
1 |
Peserta
didik dapat memilih manfaat menjaga persatuan dan kesatuan. |
Bahasa Indonesia |
|||||
6 |
Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana |
Kata tanya |
PG |
1 |
Peserta didik
dapat menentukan aspek kata tanya dengan benar |
7 |
Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana |
Mengidentifikasi informasi penting suatu teks |
PG |
2 |
Peserta didik
dapat menentukan informasi penting pada teks dengan benar. |
8 |
Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana. |
Penggunaan kalimat efektif |
PG |
3 |
Peserta didik
dapat memilih kalimat efektif dengan benar |
9 |
Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana |
Menuliskan informasi menggunakan kata baku |
PG |
1 |
Peserta didik
dapat memilih contoh kata baku dengan benar. |
10 |
Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana |
Kata baku dan kata tidak baku |
PG |
3 |
Peserta didik
dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata baku dengan benar |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
11 |
Menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Cara tumbuhan menyesuaikan diri |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan fungsi bagian tanaman
dengan benar. |
12 |
Menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Cara tumbuhan melindungi diri |
PG |
1 |
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan cara
tumbuhan melindungi diri dengan benar. |
13 |
Menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Cara hewan menyesuaikan diri |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan
cara hewan menyesuaikan diri dengan benar |
14 |
Menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Cara hewan melindungi diri |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan
cara hewan melindungi diri dengan benar |
15 |
Menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. |
Manfaat adaptasi makhluk hidup |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan
jenis tumbuhan yang tidak dapat digunakan sebagai bahan penyedap makanan |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
16 |
Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera |
Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan tujuan
proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan benar |
17 |
Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera |
Penerapan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam kehidupan
sehari-hari |
PG |
3 |
Peserta didik dapat menentukan penerapan makna
proklamasi dengan benar |
18 |
Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera. |
Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan
tokoh yang gugur dalam pertempuran Bandung Lautan Api. |
19 |
Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera |
Kerja sama dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan
kerja sama dalam mempertahankan kemerdekaan dengan benar. |
20 |
Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera |
Manfaat kemerdekaan bagi kesejahteraan bangsa Indonesia |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan
manfaat kemerdekaan bagi kesejahteraan bangsa Indonesia di bidang pendidikan
dengan benar. |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
21 |
Memahami
penampilan tari kreasi daerah |
Pola lantai dalam Gerakan tari |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan
arah pola lantai dengan benar |
22 |
Memahami penampilan tari kreasi daerah |
Pola lantai pada tarian daerah |
PG |
1 |
Peserta didik dapat menentukan jenis pola
lantai berkelompok dengan benar |
23 |
Memahami penampilan tari kreasi daerah |
Pola lantai tari tunggal, berpasangan, dan berkelompok |
PG |
3 |
Peserta didik dapat menentukan nama tarian
yang dilakukan secata tunggal dengan benar. |
24 |
Memahami penampilan tari kreasi daerah |
pola lantai dan gerak tari |
PG |
1 |
Peserta
didik dapat menentukan gerak tari merak dengan benar |
25 |
Memahami penampilan tari kreasi daerah |
Gerak pola lantai |
PG |
2 |
Peserta didik dapat menentukan jenis pla
lantai pada gerak tari tandak dengan benar |
PPKn |
|||||
26 |
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya |
Pentingnya persatuan dan kesatuan |
IS |
2 |
Peserta didik dapat mentukan sila yang sesuai
dengan penerapan persatuan dan kesatuan |
27 |
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya |
Manfaat menerapkan persatuan dan kesatuan |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menentukan
dampak menerapkan hidup rukun. |
Bahasa Indonesia |
|||||
28 |
Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana |
Aspek kata tanya |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menentukan aspek kata tanya dengan benar. |
29 |
Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana |
Kalimat efektif |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menentukan kata yang harus dihilangkan supaya
menjadi kalimat yang efektif dengan benar |
Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||
30 |
Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan
diri dengan lingkungan. |
Cara tumbuhan melindungi diri |
IS |
2 |
Peserta didik dapat menyebutkan nama tumbuhan
yang memiliki ciri-ciri cara melindungi diri dengan benar |
31 |
Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan
diri dengan lingkungan. |
Manfaat adaptasi makhluk hidup bagi manusia dan lingkungan |
IS |
2 |
Peserta didik dapat menyebutkan nama tumbuhan yang dapat dimanfaatkan
sebagai pewarna makanan |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
32 |
Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera. |
Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia |
IS |
1 |
Peserta didik dapat menyebutkan arti pembacaat teks proklamasi dengan
benar |
33 |
Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera. |
Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia |
IS |
2 |
Peserta didik dapat menyebutkan rencana I.J Kasimo dengan benar |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
34 |
Memahami penampilan tari kreasi daerah |
Pola lantai dan Gerakan tari |
IS |
2 |
Peserta didik dapat menyebutkan nama pola
lantai yang digunakan pada tarian rakyat dan daerah dengan benar |
35 |
Memahami penampilan tari kreasi daerah |
Gerakan tari daerah |
IS |
1 |
|
PPKn |
|||||
36 |
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya |
Rukun dalam menjaga persatuan dan kesatuan |
UR |
3 |
Peserta didik dapat menuliskan cara menjaga
kerukunan dengan teman |
Bahasa
Indonesia |
|||||
37 |
Menggali informasi penting dari buku sejarah
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, da bagaimana |
Kata baku dan kata tidak baku |
UR |
2 |
Peserta didik dapat melengkapi tabel kata baku
dan tidak baku |
Ilmu
Pengetahuan Alam |
|||||
38 |
Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan
diri dengan lingkungan |
Manfaat adaptasi makhluk hidup bagi manusia dan lingkungan |
UR |
3 |
Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan manfaat hewan bagi
manusia dan lingkungan dengan benar |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
|||||
39 |
Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera |
Upaya meningkatkan kesejahteraan pada masa awal kemerdekaan |
UR |
2 |
Peserta didik dapat menuliskan upaya meningkatkan kesejahteraan pada
masa awal kemerdekaan dengan benar. |
Seni Budaya dan Prakarya |
|||||
40 |
Memahami penampilan tari kreasi daerah |
Pola lantai tarian daerah |
UR |
3 |
Peserta didik dapat menggambarkan pola lantai pada tarian |
Komentar
Posting Komentar