A.
Makna Media Pembelajaran
menurut Yusufhadi
Miarso bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk
menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan
kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang
disengaja, bertujuan dan terkendali. (Miarso, 2007, hal. 458).
Proses pembelajaran
seringkali ditandai dengan adanya unsur tujuan, bahan, metode, dan alat, serta
evaluasi.
B.
Kedudukan dan Fungsi Media
Pembelajaran
Kedudukan media dalam pembelajaran sangat penting bahkan sejajar dengan
metode pembelajaran, karena metode yang digunakan dalam proses pembelajaran
biasanya akan menuntut media apa yang dapat diintegrasikan dan diadaptasikan
dengan kondisi yang dihadapi
1. Fungsi Media Pembelajaran sebagai Sumber Belajar
Secara teknis, media pembelajaran berfungsi sebagai sumber belajar.
Dalam kalimat ”sumber belajar” ini tersirat makna keaktifan, yakni sebagai
penyalur, penyampai, penghubung dan lain-lain
2. Fungsi Semantik
kemampuan media dalam menambah perbendaharaan kata (simbol verbal) yang
makna atau maksudnya benar-benar dipahami anak didik (tidak verbalistik)
3. Fungsi Manipulatif
Fungsi manipulatif
ini didasarkan pada ciri-ciri (karakteristik) umum yang dimilikinya sebagaimana
disebut di atas
4. Fungsi Psikologis
a.
Fungsi Atensi
Media pembelajaran
dapat meningkatkan perhatian (attention) siswa terhadap materi ajar
b.
Fungsi Afektif
yakni menggugah perasaan, emosi, dan tingkat penerimaan atau penolakan
siswa terhadap sesuatu
c.
Fungsi Kognitif
Kemampuan media mengembangkan kemampuan kognitif siswa. Semakin banyak
ia dihadapkan pada objek akan semakin banyak pula pikiran/gagasan yang
dimilikinya, atau semakin kaya dan luas alam pikiran kognitifnya.
d.
Fungsi Imajinatif
Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengembangkan imajinasi siswa
e.
Fungsi Motivasi
Merupakan seni
mendorong siswa untuk terdorong melakukan kegiatan belajar sehingga tujuan
pembelajaran tercapai
5. Fungsi Sosio-Kultural
yakni mengatasi hambatan sosio-kultural antarpeserta komunikasi
pembelajaran
C.
Jenis-Jenis Media
Pembelajaran
jenis-jenis media akan didasarkan pada indera yang terlibat.
Klasifikasi media berdasarkan indera ini lebih disebabkan pada pemahaman bahwa
pancaindera merupakan pintu gerbang ilmu
disebutkan oleh Yudhi
Munadi, media dalam proses pembelajaran dapat dikelompokan menjadi 4 kelompok
besar, yakni :
1) Media audio
Media audio adalah media yang hanya melibatkan indera pendengaran dan
hanya mampu memanipulasi kemampuan suara semata
2) Media visual
Media visual adalah media yang hanya melibatkan indera penglihatan.
Termasuk dalam jenis media ini adalah media cetak-verbal, media cetak-grafis,
dan media visual non-cetak.
3) Media audio visual
Media audio visual adalah media yang melibatkan indera pendengaran dan
penglihatan sekaligus dalam satu proses
4) Multimedia
multimedia yakni media yang melibatkan berbagai indera dalam sebuah
proses pembelajaran
D.
Media Pembelajaran Online
Media pembelajaran online dapat diartikan sebagai media yang dilengkapi
dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna (user), sehingga
pengguna (user) dapat mengendalikan dan mengakses apa yang menjadi kebutuhan
pengguna, misalnya mengunduh sumber-sumber untuk materi PAI
Terdapat beberapa
jenis media pembelajaran online sebagai berikut:
1) Web Supported E-Learning
Web Supported E-Learning, yaitu pembelajaran dilakukan secara tatap
muka dan didukung dengan penggunaan website yang berisi rangkuman, tujuan
pembelajaran, materi pembelajaran, tugas, dan disertai tes singkat
2) Blended Or Mixed Mode E-Learning
Blended Or Mixed Mode E-Learning, yaitu proses pembelajaran
dilaksanakan secara tatap muka dan sebagian lagi dilaksanakan secara online
3) Fully Online E-Learning Format
Fully Online
E-Learning Format, yaitu semua proses pembelajaran dilakukan secara online
termasuk tatap muka antara pendidik dan peserta didik yang juga dilakukan
secara online, teknologi teleconference biasanya dijadikan pilihan
Beberapa ciri pembelajaran online adalah :
1) Kecepatan Informasi
2) Informasi Dapat Di-Update,
3) Dapat Berinteraksi Dengan Audiens
4) Personalisasi
5) Kapasitas Muatan Bisa Ditambah,
6) Terhubung Dengan Sumber Lain,
E.
Pertimbangan Pemilihan
Media
Ada beberapa prinsip
yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan media, meskipun caranya berbeda-beda
dalam proses
pendidikan yang kajiannya akan sangat dipengaruhi oleh:
1) Kompetensi dasar dan indikator apa yang akan dicapai dalam suatu kegiatan
pembelajaran ataupun diklat
2) Materi pembelajaran
3) Familiaritas media dan karakteristik siswa/guru
Tengku kaka
BalasHapus