PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | Lokakarya | Resume PPG

 


A.   Makna Media Pembelajaran

     menurut Yusufhadi Miarso bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan dan terkendali. (Miarso, 2007, hal. 458).

     Proses pembelajaran seringkali ditandai dengan adanya unsur tujuan, bahan, metode, dan alat, serta evaluasi.

B.   Kedudukan dan Fungsi Media Pembelajaran

     Kedudukan media dalam pembelajaran sangat penting bahkan sejajar dengan metode pembelajaran, karena metode yang digunakan dalam proses pembelajaran biasanya akan menuntut media apa yang dapat diintegrasikan dan diadaptasikan dengan kondisi yang dihadapi

1.       Fungsi Media Pembelajaran sebagai Sumber Belajar

     Secara teknis, media pembelajaran berfungsi sebagai sumber belajar. Dalam kalimat ”sumber belajar” ini tersirat makna keaktifan, yakni sebagai penyalur, penyampai, penghubung dan lain-lain

2.       Fungsi Semantik

     kemampuan media dalam menambah perbendaharaan kata (simbol verbal) yang makna atau maksudnya benar-benar dipahami anak didik (tidak verbalistik)

3.       Fungsi Manipulatif

      Fungsi manipulatif ini didasarkan pada ciri-ciri (karakteristik) umum yang dimilikinya sebagaimana disebut di atas

4.       Fungsi Psikologis

a.    Fungsi Atensi

      Media pembelajaran dapat meningkatkan perhatian (attention) siswa terhadap materi ajar

b.    Fungsi Afektif

      yakni menggugah perasaan, emosi, dan tingkat penerimaan atau penolakan siswa terhadap sesuatu

c.     Fungsi Kognitif

     Kemampuan media mengembangkan kemampuan kognitif siswa. Semakin banyak ia dihadapkan pada objek akan semakin banyak pula pikiran/gagasan yang dimilikinya, atau semakin kaya dan luas alam pikiran kognitifnya.

d.    Fungsi Imajinatif

     Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengembangkan imajinasi siswa

e.    Fungsi Motivasi

      Merupakan seni mendorong siswa untuk terdorong melakukan kegiatan belajar sehingga tujuan pembelajaran tercapai

5.       Fungsi Sosio-Kultural

     yakni mengatasi hambatan sosio-kultural antarpeserta komunikasi pembelajaran

 

C.   Jenis-Jenis Media Pembelajaran

     jenis-jenis media akan didasarkan pada indera yang terlibat. Klasifikasi media berdasarkan indera ini lebih disebabkan pada pemahaman bahwa pancaindera merupakan pintu gerbang ilmu

     disebutkan oleh Yudhi Munadi, media dalam proses pembelajaran dapat dikelompokan menjadi 4 kelompok besar, yakni :

1)     Media audio

     Media audio adalah media yang hanya melibatkan indera pendengaran dan hanya mampu memanipulasi kemampuan suara semata

2)     Media visual

     Media visual adalah media yang hanya melibatkan indera penglihatan. Termasuk dalam jenis media ini adalah media cetak-verbal, media cetak-grafis, dan media visual non-cetak.

3)     Media audio visual

      Media audio visual adalah media yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses

4)     Multimedia

     multimedia yakni media yang melibatkan berbagai indera dalam sebuah proses pembelajaran

 

D.   Media Pembelajaran Online

     Media pembelajaran online dapat diartikan sebagai media yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna (user), sehingga pengguna (user) dapat mengendalikan dan mengakses apa yang menjadi kebutuhan pengguna, misalnya mengunduh sumber-sumber untuk materi PAI

     Terdapat beberapa jenis media pembelajaran online sebagai berikut:

1)     Web Supported E-Learning

     Web Supported E-Learning, yaitu pembelajaran dilakukan secara tatap muka dan didukung dengan penggunaan website yang berisi rangkuman, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, tugas, dan disertai tes singkat

2)     Blended Or Mixed Mode E-Learning

     Blended Or Mixed Mode E-Learning, yaitu proses pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka dan sebagian lagi dilaksanakan secara online

3)     Fully Online E-Learning Format

     Fully Online E-Learning Format, yaitu semua proses pembelajaran dilakukan secara online termasuk tatap muka antara pendidik dan peserta didik yang juga dilakukan secara online, teknologi teleconference biasanya dijadikan pilihan

     Beberapa ciri pembelajaran online adalah :

1)     Kecepatan Informasi

2)     Informasi Dapat Di-Update,

3)     Dapat Berinteraksi Dengan Audiens

4)     Personalisasi

5)     Kapasitas Muatan Bisa Ditambah,

6)     Terhubung Dengan Sumber Lain,

 

E.    Pertimbangan Pemilihan Media

     Ada beberapa prinsip yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan media, meskipun caranya berbeda-beda

    dalam proses pendidikan yang kajiannya akan sangat dipengaruhi oleh:

1)     Kompetensi dasar dan indikator apa yang akan dicapai dalam suatu kegiatan pembelajaran ataupun diklat

2)     Materi pembelajaran

3)     Familiaritas media dan karakteristik siswa/guru

      4) Adanya sejumlah media yang bisa diperbandingkan karena pemilihan media pada dasarnya adalah proses pengambilan keputusan dari sejumlah media yang ada ataupun yang akan dikembangkan


Komentar

Posting Komentar