PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) | Lokakarya | Resume Tugas PPG

 

A.   Pengertian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

     LKPD merupakan lembaran petunjuk dan langkah-langkah tugas yang disediakan untuk peserta didik dalam proses pembelajaran, baik secara kelompok maupun perorangan.

     disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) adalah salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah proses pembelajaran, agar terjadinya interaksi yang efektif antara peserta didik dengan pendidik, sehingga dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar.

B.   Macam-Macam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

     Menurut (Prastowo, 2011, hal. 24) jika dilihat dari segi tujuan disusunnya LKPD, maka LKPD dapat dibagi menjadi lima macam bentuk yaitu:

1)     LKPD yang membantu peserta didik menemukan suatu konsep

2)     LKPD yang membantu peserta didik menerapkan dan mengintegrasikan berbagai konsep yang telah ditemukan

3)     LKPD yang berfungsi sebagai penuntun belajar;

4)     LKPD yang berfungsi sebagai penguatan;

5)     LKPD yang berfungsi sebagai petunjuk praktikum

C.   Fungsi dan Manfaat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

     Fungsi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yaitu:

1)     Meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran;

2)     Membantu peserta didik untuk mengembangkan konsep materi pembelajaran

3)     Melatih peserta didik dalam menemukan sesuai tujuan pembelajaran dan mengembangkan aspek keterampilan

4)     Sebagai pedoman pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran

5)     Menambah informasi bagi peserta didik tentang konsep materi pembelajaran melalui kegiatan belajar yang sistematis

6)     Membantu guru dalam mengevaluasi pembelajaran

     Adapun manfaat yang dapat diperoleh dengan penggunaan LKPD dalam proses pembelajaran adalah:

1)     Mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran;

2)     Membantu peserta didik dalam mengembangkan konsep

3)     Melatih peserta didik dalam menemukan dan mengembangkan keterampilan proses

4)     Sebagai pedoman pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran;

5)     Membantu peserta didik memperoleh catatan terkait materi yang dipelajari melalui proses pembelajaran. Dan membantu peserta didik untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis.

D.   Komponen LKPD

     Komponen yang harus dipersiapkan pendidik dalam membuat LKPD yaitu berupa:

1)     Lembar Kerja

2)     Lembar Jawaban

3)     Penilaian

E.    Langkah-langkah Persiapan LKPD

     Untuk menyusun perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memiliki rambu-rambu bahwa LKPD akan memuat paling tidak:

·         Judul

·         kompetensi dasar yang akan dicapai

·         waktu penyelesaian

·         peralatan/bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas,

·         informasi singkat

·         langkah kerja

·         tugas yang harus dilakukan

·         laporan yang harus dikerjakan

     Langkah-langkah persiapan LKPD dijelaskan dalam Depdiknas (2008b: 23-24) dalam Nurhaidah (2014: 29) sebagai berikut:

§  Analisis kurikulum.

§  Menyusun peta kebutuhan LKPD

§  Menentukan judul-judul LKPD sesuai HK, materi pokok dan pengalaman belajar

§  Penulisan LKPD dengan langkah:

1)    perumusan KD yang harus dikuasai

2)    menentukan alat penilaian

3)    penyusunan materi dari berbagai sumber

4)    memperhatikan struktur LKPD, yang meliputi:

a)    judul,

b)    petunjuk belajar

c)    kompetensi yang dicapai,

d)    informasi pendukung

e)    tugas dan langkah-langkah kerja

f)     penilaian

F.    Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

     Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan LKPD di antaranya adalah sebagai berikut:

1)     Aspek penyajian materi yang harus diperhatikan adalah:

a)    Judul lembar kerja harus sesuai dengan materinya;

b)    Materi harus sesuai dengan perkembangan peserta didik;

c)    Materi disajikan secara sistematis dan logis

d)    materi disajikan secara sederhana dan jelas

e)    menunjang keterlibatan dan kemauan peserta didik untuk ikut aktif.

2)     Aspek Tampilan yang harus diperhatikana adalah:

a)    Penyajian sederhana, jelas dan mudah dipahami;

b)    Gambar dan grafik sesuai dengan konsepnya

c)    Tata letak gambar, tabel, pertanyaan harus tepat

d)    Judul, keterangan, instruksi, pertanyaan harus jelas

e)    Mengembangkan minat dan mengajak peserta didik untuk berpikir.

G.   Rambu-Rambu Teknis Penulisan LKPD

     Dari segi teknis memiliki beberapa pembahasan yaitu:

1)     Menggunakan huruf cetak dan tidak menggunakan huruf latin atau romawi, menggunakan huruf tebal yang agak besar, bukan huruf biasa yang diberi garis bawah, menggunakan tidak lebih dari 10 kata dalam satu baris, menggunakan bingkai untuk membedakan kalimat perintah dengan jawaban peserta didik, mengusahakan agar perbandingan besarnya huruf dengan besarnya gambar serasi

2)     Gambar yang baik untuk LKPD adalah yang dapat menyampaikan pesan/isi dari gambar tersebut secara efektif kepada pengguna LKPD yaitu kejelasan isi atau pesan dari gambar itu secara keseluruhan

3)     Penampilan adalah hal yang sangat penting dalam sebuah LKPD


Komentar

Posting Komentar