A.
Pemahaman Konsep
Analisis
SKL KI KD merupakan titik awal perencanaan pembelajaran. Kerangka berpikir
analisis SKL KI KD perlu dipahami agar pembelajaran yang disajikan berjalan
sesuai skema besar pencapaian SKL kurikulum
Pada
ranah operasional, pembentukan kompetensi lulusan dilakukan melalui
pembelajaran yang dilakukan oleh guru di seluruh mata pelajaran. Dalam konteks
ini, materi dan proses pembelajaran menjadi instrumen penting menuju
tercapainya SKL yang dicita-citakan
Analisis
SKL, KI, dan KD menjabarkan komponen SKL, KI, dan KD baik KD Pengetahuan maupun
KD Keterampilan. Selain aktivitas menjabarkan menjadi bagianbagian yang lebih
kecil, analisis SKL-KI, dan KD menjabarkan hubungan dan keterkaitan
antar-komponen yang dianalisis tersebut
agar
silabus dan RPP yang dikembangkan benar-benar akurat mengeksekusi keinginan
SKL, maka perlu ada jaminan linieritas KI-KD terhadap SKL-nya. Analisis SKL,
KI, dan KD inilah penjamin linieritas silabus dan RPP terhadap SKL
B.
Langkah-Langkah
Analisis SKL, KI, dan KD
Analisis
SKL KI KD dikerjakan sekurang-kurangnya dilakukan melalui dua tahapan :
1. menganalisis kesesuaian antara
KI-Pengetahuan dengan KI-Keterampilan
menganalisis KD-3 Pengetahuan dan KD-4 Keterampilan
Komentar
Posting Komentar